Rabu, 07 Februari 2018

Pemberian Nama Kota Athena

Cecrops

Cecrops, makhluk aneh yang berwujud setengah manusia setengah ular, adalah pendiri kota yang akan berkembang menjadi sebuah kota yang indah. Cecrops menamai kota ini sesuai dengan namanya sendiri, Cecropia. Namun, para dewa Olympus ketika melihat kota yang indah ini, ingin menjadi patron (pelindung) kota dan menamainya sesuai dengan nama mereka. Dua diantara para dewa yang sangat menginginkannya adalah Poseidon, dewa lautan, dan Athena, dewi kebijaksanaan. Untuk menyelesaikan persengketaan keduanya, Zeus memutuskan bahwa kedua dewa-dewi tersebut masing-masing harus memberikan hadiah untuk kota itu, dan raja Cecrops beserta rakyatnya akan memutuskan hadiah mana yang terbaik sehingga dapat menentukan dewa mana yang akan menjadi patron kotanya.


Poseidon dan Athena
Satu hari yang cerah, Cecrops dan penduduk kota mendaki bukit tinggi untuk melihat hadiah dari para dewa. Poseidon menjadi yang pertama menunjukkan hadiah nya. Dia memukul batu dengan trisula nya sehingga keluar lah air dari dalam tanah. Ini menandakan bahwa dia menjamin ketersediaan air untuk para penduduk kota sehingga mereka tidak akan mengalami kekeringan. Namun mereka tidak begitu suka dengan hadiah ini, karena air yang keluar dari mata air ini terasa asin seperti air laut dimama Poseidon berkuasa. Selanjutnya giliran dewi Athena. Dia menanam sebuah benih kedalam tanah, yang kemudian tumbuh menjadi sebuah pohon zaitun yang indah. Penduduk kota lebih menyukai hadiah dari Athena karena pohon zaitun dapat memberikan makanan, minyak, dan kayu bakar. Mereka pun sepakat untuk memilih Athena sebagai patron kota nya.

Pohon Zaitun di Acropolis Athena

Athena pada akhirnya mendapat kehormatan untuk menamai kotanya sesuai dengan namanya. Penduduk kota Athena pun membangun banyak kuil megah untuk memuja Athena, mengadakan festival untuk memberi penghormatan padanya, lalu ketika uang pertama kali dibuat, mereka menggambarkan Athena dan burung sakralmya, seekor burung hantu, di kedua sisi uang koin nya. Selain itu, mitos ini memiliki beberapa poin yang sesuai realita: banyak pohon zaitun yang tumbuh di kota Athena, namun kota ini sering mengalami masalah kekeringan, terutama ketika musim panas, dan harus menyuplai air dari danau Yliki.yang berlokasi di kota Thebes, sungai Mornos di Fokida dan danau Marathon.

Parthenon, kuil megah untuk memuja dewi Athena

========================
Sumber:

Note: Jika Anda ingin memasukkan posting ini ke blog atau website Anda, mohon cantumkan LINK ke POST INI atau http://kisahmitologi.blogspot.com
=======================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar